AKB48, Idola Yang Dapat Ditemui Setiap Hari

 

I want you!! I need you!! I love you!! Lirik ini sudah tidak asing lagi di telinga penikmat musik tanah air. Sejak pertama kali kemunculannya pada iklan Pocari Sweat, lagu yang dibawakan oleh JKT48 ini telah didengarkan oleh banyak penikmat musik di Indonesia. Apalagi, di berbagai acara musik televisi swasta, JKT48 sering membawakan lagu ini. Ya, ini adalah lagu Heavy Rotation yang dipopulerkan oleh AKB48. Lagu ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dibawakan kembali oleh JKT48.cropped-mg_1025.jpg

Sejak JKT48 pertama kali muncul di acara musik Indonesia, banyak yang menganggap bahwa JKT48 adalah plagiat dari AKB48. Pada kenyataannya, JKT48 bukanlah plagiat dari AKB48, melainkan adalah official sister group dari AKB48. Jadi, JKT48 dan AKB48 masih berada di dalam satu wadah yang sama. AKB48 sendiri adalah sebuah grup idola yang sangat terkenal di Jepang. Nama AKB diambil dari singkatan tempat mereka berasal, Akihabara, sedangkan angka 48 di belakangnya berasal dari nama investor pertama AKB48, Shiba Kotaro. Dalam bahasa jepang, shi artinya 4, ba artinya 8.

AKB48 pertama kali melakukan debutnya pada 7 Desember 2005. Grup ini mengusung konsep “idol you can meet” dan juga memiliki teater sendiri. Keunikan dari konsep inilah yang membedakan AKB48 dengan grup lainnya. Apabila pada grup idola lain kita harus menunggu mereka mengadakan konser sehingga kita dapat menonton mereka, tidak demikian dengan AKB48 family. Karena mereka memiliki teater sendiri, jadi para anggota dari AKB48 dapat tampil setiap hari di teater mereka dan juga fans dapat melihat para anggota AKB48 perform setiap hari tanpa harus menunggu sebuah konser. Inilah satu keunikan dari AKB48 family yang tidak dimiliki oleh grup idola lain.

Selain konsep “idol you can meet”, AKB48 family juga memiliki keunikan lainnya, yaitu adanya sistem “sister group”.  Sister group ini seperti saudara kembar dari AKB48, sama-sama memiliki teater sendiri, dan tetap mengusung tema “idol you can meet”. Perbedaannya, sister group dari AKB48 memiliki basis kota yang berbeda dengan AKB48. Karena adanya system “sister group” di AKB48 family, kita bisa mendapati grup idola pertama di Indonesia yang berbasis di Jakarta, yaitu JKT48.

Di dalam pemilihan anggota untuk AKB48 dan sister groupnya, skill bernyanyi, menari, dan wajah yang cantik bukanlah hal yang utama. Banyak anggota dari AKB48 family yang pada saat bergabung memiliki suara yang cempreng, malu ketika berbicara di depan umum, kaku dalam menari, dan masih banyak lagi. Hal yang ditekankan di dalam AKB48 family adalah ketika kita melihat seseorang yang berusaha keras untuk bisa bernyanyi dan menari, serta berusaha untuk tampil sebaik mungkin, hati kita menjadi tergerak untuk mendukung orang tersebut. Fans dapat melihat langsung perkembangan idola mereka yang tadinya kurang mahir dalam menari dan bernyanyi, hingga mereka mahir dalam hal tersebut. Hal inipun juga merupakan keunikan yang dimiliki oleh AKB48 family, yaitu berkembang bersama fans.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s